Yayasan Pencug Mustika Sari Karawang Gelar Festival Ibing Pencug

0

Karawang, (HK)  – Dalam upaya mempertahankan seni tari dan tradisi budaya yang ada di tataran Pasundan Jawa Barat, Yayasan Pencug Mustika Sari kerja bareng Ikatan Jurnalis Bersatu (IJB) mengelar Festival Ibing Pencug yang diikuti puluhan peserta dari berbagai sanggar dan padepokan di Nusantara.

Para peserta mempertunjukan bakat ibingan seni bela diri yang diiringi dengan musik tradisi ketuk tilu di hadapan dewan juri untuk dinilai bakat seninya.
Para peserta menampilkan kemahirannya yang membuat decak kagum para penonton.
Ketua Yayasan Pencug Mustika Sari, Kain Sadewa yang juga wartawan media online kriminalgroup.com mengatakan, kegiatan ini dalam rangka deretan HUT Karawang ke 388, sekaligus memotivasi para pelestari seni tradisional agar bangkit dimusim pandemi yang digelar tanggal 8-9 Oktober 2021 bertempat diGraha hotel pariwisata SMK Domas.
“Insya Allah selanjutnya akan kita gelar setiap tahunnya,” terang tokoh seniman yang biasa dipanggil dengan sebutan Ki Baong, Jumat (9/10/2021).
Menurutnya, lomba yang diselenggarakan hari ini merupakan seleksi untuk ditampilkan saat Pesta Karawang.
“Juri lomba Ibing Pencug ini yakni Tim Original Record Indonesia (ORI) Bandung. Dan Yayasan Pencug Mustika Sari. Serta guru besar Ibing Pencug Karawang,” ungkapnya.
Pembina ikatan jurnalis bersatu (IJB) Mulyadi Rusmianto menyambut baik inisiatif yang dilakukan Yayasan Pencug Mustika Sari Karawang dalam menggelar festival Ibing Pencug dalam rangka HUT Karawang ke 388 tahun.
“Kesenian Ibing Pencug cukup banyak peminatnya, tentu hal ini patut diapresiasi oleh Pemerintah khususnya Pemda Karawang,” ujarnya.
Selanjutnya, sebanyak lebih 150  peserta, lolos kriteria sesuai persyaratan 66 peserta kategori tunggal dan rampak. Mereka tampil menunjukkan kebolehannya masing-masing memperagakan atraksi Ibing Pencug diiringi nayaga dan musik gamelan secara live di channel YouTube Pencug Karawang.
(Irwanto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini