Memalukan … ! Ruang Kelas Rusak Parah, Siswa Baru SDN Sumurgede 2 Dapat Satu Anak

0

Keterangan : Foto ruang kelas SDN  Sumurgede 2 kondisinya rusak parah. 

Laporan wartawan kriminalgroup : Irwan

KARAWANG, KRIMINALGROUP.COM | Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumurgede 2 Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang dikepalai oleh Saeful Anwar hanya punya satu murid baru di tahun ajaran 2022-2023 sekarang.

Kondisi ini menandakan kurangnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya disekolah tersebut.

Dari pantauan kriminalgroup.com bangunan SDN Sumurgede 2 rusak parah, disamping itu sarana lain seperti mebeler kursi meja siswa untuk belajar sangat minim, bisa dikatakan tidak ada, kendati ada kondisinya sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki.

Sehingga pantas jika sekolah itu ditinggalkan masyarakat. Kendati demikian, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan seperti sekolah lainnya. Siapa sangka, ruang kelas yang berjejer begitu luas ini sangat memprihatinkan, kondisinya rusak parah.

Selama beberapa tahun terakhir, SDN  Sumurgede 2 kekurangan siswa, karena sarana dan prasarana yang amburadul.

Rupanya SDN Sumurgede 2 kurang perhatian pemerintah Kabupaten Karawang. Sementara disekelilingnya berdiri bangunan megah sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta dengan pasilitas yang menjanjikan, akibatnya jumlah murid SDN Sumurgede 2 dari tahun ke tahun terus menurun.

Hingga kini total siswa/i SDN  Sumurgede 2 hanya berjumlah 90 anak. Mereka terbagi menjadi enam kelas.

Hal itu disampaikan oleh Dede Darsono salah satu guru SDN Sumurgede 2 kepada awak media kriminalgroup.com, Jumat 5 Agustus 2022 disekolah.

“Untuk tahun ajaran ini kita membuka pendaftaran seperti sekolah lain. Tetapi karena minat dari masyarakat kurang, hanya satu anak yang mau sekolah disini. Awalnya saat pendaftaran ada 6 anak, ditengah perjalanan tanpa pamit , lima orang tua tersebut memindahkan anaknya. Mungkin alasannya, setelah melihat kondisi bangunan sekolah yang bokbrok, juga meja kursi untuk belajar siswa yang minim, memprihatinkan bisa dibilang tidak ada. Sehingga mereka lebih menyukai sekolah di MI yang bagus bangunan dan sarana prasarana,” ungkap Dede sambil mempertontonkan kondisi ruang kelas serta isinya.

Sekedar untuk diketahui, SDN  Sumurgede 2 dalam hal prestasi tidak kalah saing dengan sekolah lain. Dalam kegiatan O2SN kerapkali menjadi juara khusunya pada ajang lomba olah raga.

“Pernah menjadi juara satu lomba tenis meja putri, juga bola voli. Sekalipun , sarananya tidak punya. Pada lomba PAI juga pernah juara,” kata Dede menambahkan.

Menurut Dede, solusi untuk membangkitkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap SDN  Sumurgede 2 antara lain adalah benahi bangunan gedung ruang kelas, serta lengkapi sarana prasarana yang memadai.

“Tidak ada lain, perbaiki bangunannya, lengkapi sarana dan prasarannya, meja kursi siswa ganti dengan yang baru. Selanjutnya serahkan kepada pihak sekolah, untuk menarik kembali minat masyarakat menyekolahkan anaknya disini, sekian,” ucap Dede mengakhiri perbincanganya.


Info Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas.

Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui

Email : hariankriminal@gmail.com, terimakasih.

Pimpinan Redaksi HK Jabar : Bung Irwanto

Kontak Person :

Telp / Wa : 0857-7332-0196