Darul Mursyid Gali Potensi Santri Lewat Tes Psikologi Minat dan Bakat

0

TAPSEL (HK) – Kerja sama dengan PT Grahita Indonesia, Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” yang di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan laksanakan tes psikologi minat dan bakat.

Kepala Madrasah Tsnawiyah Pesantren Darul Mursyid Hendra Irwandi Siregar, Kamis (11/08/2022) memaparkan bahwa tes minat dan bakat adalah rangkaian tes dan analisa yang menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat serta kepribadian santri terhadap suatu bidang atau jurusan tertentu. Ia mengatakan, “pelaksanaan tes minat dan bakat di Pesantren Darul Mursyid adalah kegaitan rutin setiap tahun, khususnya bagi peserta didik baru kelas tujuh, agar para tenaga pendidik bisa memahami minat dan bakat setiap anak didiknya. Ia berharap nantinya hasil tes akan dapat digunakan untuk menganalisis kegiatan akademik maupun non akademik. “Setelah hasil tes diketahui, kita harapkan dapat dijadikan pedoman untuk memetakan pencapaian prestasi akademik siswa dan juga kegiatan non akademik,”. Ungkapnya

Lanjut Hendra Irwandi, “pada saat pelaksanaan tes minat bakat 7 Agustus 2022, santri mengerjakan semua tes didampingi oleh Tim Grahita Indonesia dan juga menghadirkan guru di kelas. Alhamdulillah tes minat dan bakat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Semoga dengan hasil tes ini bisa memudahkan kami untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk santri-santri Pesantren Darul Mursyid. tutur Kamad Madrasah Tsnawiyah itu.

Timmy Ashari M.Psi sebagai Assesor memaparkan bahwa Grahita Indonesia merupakan sebuah Lembaga Psikologi Terapan yang secara resmi telah berdiri sejak 23 November 1996. Secara kelembagaan, Grahita Indonesia merupakan sebuah lembaga swadaya, yang berkomitmen pada pelayanan pendidikan, bimbingan serta pendampingan anak, remaja dan keluarga serta pengembangan sumber daya manusia. Ungkapnya.

Lanjut Timmi Ashari, adapun tujuan dari pelaksanaan tes ini adalah Menentukan sasaran pendidikan yang efektip dan efisien, melihat perkembangan peserta didik, untuk meningkatkan minat belajar
Dengan 8 aspek, yaitu: melihat perkembangan IQ Santri, melihat perkembangan emosi Santri, melihat Kemampuan belajar Santri, dominasi otak, pola belajar, mata pelajaran yang disukai. Keefektipan belajar dan tipologi emosi dan kepribadian anak. Bebernya

Drs Yusri Lubis selaku Direktur Pesantren Darul Mursyid yang juga hadir pada kegiatan tes minat bakat itu memaparkan bahwa manusia terlahir dengan potensinya masing-masing, inilah sesungguhnya yang terjadi dalam dunia pendidikan agar anak didik bisa menemukan potensi dan solusi terhadap masalah yang ia hadapi. Ia mengatakan, “karena itu, Pesantren Darul Mursyid melaksanakan tes psikologi minat dan bakat bagi santri, khususnya kelas tujuh.

Terpisah, Ja’far Syahbudin Ritonga selaku Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR), ia juga sebagai Ketua bidang pemberdayaan ekonomi umat di MUI Propinsi Sumatera Utara memaparkan bahwa pelaksanaan tes minat dan bakat ini insya Allah banyak memberi dampak positif untuk kemajuan Pesantren Darul Mursyid. Ia mengatakan bahwa program ini sangat baik untuk para santri guna untuk menggali potensi diri sehingga bisa lebih maju dan tahu akan kelemahan yang ada dalam diri kita. Ungkapnya seraya berkata “Semakin banyak kita menggali potensi diri, maka akan banyak kemungkinan kita akan memperbaiki kinerja, dan semakin banyaknya juga kita mengenal kelemahan diri tentu akan lebih banyak berbuat untuk menutupi kelemahan itu,” tuturnya.

Peliput : Maradotang