Evaluasi Pembelajaran, MTsN 1 Cilamaya Gelar PAS Semester Ganjil 2023

0

Poto Kasek MTsN 1 Karawang H.Helmi Nugraha.

KARAWANG II Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 telah dimulai oleh MTsN 1 Karawang atau yang lebih dikenal dengan sebutan MTsN 1 Cilamaya yang berdomisili di Desa Mekarmaya Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten. Karawang sejak Senin 4 Desember 2023. Pelaksanaan PAS selama 1 pekan ini  berakhir pada hari Jumat 8 Desember 2023 mendatang.

Sebagaimana diungkapkan Kepala MTsN 1 Karawang H.Helmi Nugraha saat didatangi wartawan dirung kerjanya, bahwa pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) di madrasah semata-mata bertujuan untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran selama kurang lebih 6 bulan lamanya.

“Selain itu tujuan dari PAS adalah sebagai alat evaluasi pembelajaran bagi madrasah yang secara rutin digelar setiap akhir semester baik pada semester ganjil maupun semester genap,” ungkap nya, Selasa 5 Desember 2023.

Berdasarkan kalender akademik madrasah yang mengacu pada kalender pendidikan madrasah yang ditetapkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Karawang bidang pendidikan madrasah bahwa ujian semester adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh semua madrasah baik jenjang MI, MTs dan MA ketika memasuki akhir semester.

Helmi berharap kepada peserta didik untuk mendapatkan nilai yang maksimal agar fokus menghadapi ujian semester dengan cara memperbanyak belajar, menelaah buku-buku pelajarannya dan tidak melupakan untuk berdoa serta berikhtiar kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam menghadapi ujian.

“Untuk mendapat nilai bagus tidak bisa hanya berpangku tangan, jadi kalian harus benar-benar memaksimalkan waktunya untuk belajar dengan giat dan sungguh-sungguh, selama proses ujian ini belajarlah dengan fokus, kurangi main-mainnya terutama main gadget,” imbunya.

Sementara proses pelaksanaan PAS semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 menurut ketua panitia H.Abdul Kholik mengungkapkan, PAS dilaksanakan selama 1 pekan. Setiap hari diujikan 3 mata pelajaran, dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama dimulai pukul 07.30 – 10.00 dan jam kedua dimulai pukul 10.30 hingga 12.00 Wib.

Lanjutnya, untuk ruangan yang digunakan saat pelaksanaan PAS sebanyak 15 ruangan. Masing-masing ruangan diisi oleh 40 orang siswa yang diatur secara acak. Sementara pengawasan dilakukan pada tiap ruangan diawasi oleh satu orang guru. (Irwanto)