Mengulas Sejarah Makam Kibuyut Perahu

0

 

Subang, (HK) – Asal muasal Makam Kibuyut Perahu dari sejarah perahu Ki Kuwu Sampan yang kala itu di tumpangi pasangan suami istri serta seorang juru mudi yang terdampar kala itu di pesisir lautan utara. Dusun tersebut sekarang disebut Dusun Karangmulya yang termasuk wilayah Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Pa Calim yang merupakan salah satu kuncen makam Kibuyut Perahu generasi ke 5.

“Saya sejak tahun 1990 an mengabdikan diri sebagai kuncen makam Kibuyut Perahu hingga sekarang sudah bejalan sekitar 30 tahun,” jelas Calim.(08/10/2021)

Kuncen Calim yang tinggal di Dusun Sukajaya Lama, Desa Langensari, Kecamatan Blanakan usianya saat ini sudah mencapai 74 tahun.

“Musholah yang sekarang sedang dibangun di makam keramat Kibuyut Perahu itu merupakan nazar atau janji Kepala Desa Blanakan Hj. Isnaeni pada waktu mencalonkan kepala Desa Blanakan pada tahun 2018 lalu,” ungkap Calim.

Semenjak terpilih dan menjabat sebagai Kepala Desa Blanakan, Hj. Isnaeni baru di tahun 2021 memenuhi nazarnya untuk membuatkan musholah di makam kramat Kibuyut Perahu dengan anggaran dana pribadi.

Terhitung hari Jumat (08/10/2021) pembangunan musholah di lokasi makam keramat Kibuyut Perahu tersebut sudah berjalan 23 hari.(Bebeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini