Prestasi Beruntun, Santri Darul Mursyid Kembali Raih Medali Islamic Olympiad Tingkat Nasional 2022

0

TAPSEL (HK) – Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan yang baru saja berhasil meraih medali pada Olimpiade Sains Pra-OSK tingkat Nasional, prestasi membanggakan kembali diraih pada Olimpiade Islamic Science Olympiad (ISO) 2022

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains Darwis Simbolon sekaligus guru senior di Pesantren Darul Mursyid, Rabu (09/02/2022) mengatakan bahwa Islamic Science Olympiad Tahun 2022 adalah Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) untuk memfasilitasi guru, mahasiswa/i dan siswa/i untuk berprestasi dan menjadi sarana evaluasi kemampuan untuk mengembangkan kapasitas diri dan kompetisi secara mendalam. Dikatakan, olimpiade ini dilaksanakan secara online pada tanggal 16 Januari 2022. Adapun peserta olimpiade ini berasal dari berbagai sekolah ternama di Indonesia seperti SMA Katolik St Thomas Aquino Mojokerto, SMAN 5 Bantaeng, Madrasah Aliyah Darussalam, MAN 2 Wonosobo, MAN 2 Banyumas, SMAN 1 Medan, MAN 1 Medan, SMAN 1 Kepanjen, SMAN 2 Pontianak, MAS Istiqlal Jakarta dan ratusan sekolah lainnya. Ungkapnya.

Lanjut Darwis Simbolon, Adapun hasil lomba yang diumumkan pada tanggal 30 Januari 2022, tercatat sebanyak 4 medali yang berhasil diraih santri Darul Mursyid pada ajang tersebut. Pada bidang ekonomi Ihsan Riski Siregar mencatatkan namanya sebagai peraih medali perak dan Hutri Sapta Hadi sebagai peraih medali perunggu. Sementara pada bidang georafi Irsan Riski dan Khadijah Simanjuntak meraih medali perak pada ajang tersebut. Ungkapnya seraya berkata, “Alhamdulillah terimakasih atas doa dan dukungan Bapak Ketua, Direktur, Wakil-wakil Direktur serta seluruh komponen Pesantren Darul Mursyid. Mudah-mudahan prestasi ini memberikan keberkahan bagi PDM, Kejayaan Islam serta kebanggan bagi orangtua dan guru.

Ihsan Riski Siregar sebagai salah satu peraih medali pada olimpiade ini saat ditemui di Darul Mursyid, ia merasa sangat bersukur atas perolehan medali pada ajang ini. Alhamdulillah saya bisa meraih prestasi di awal tahun 2022, semoga ke depannya saya bisa lebih baik lagi, kata Ihsan Riski santri Darul Mursyid itu.

Mengetahu prestasi tim olimpiade Darul Mursyid Rismauli Manurung S.Pd sebagai salah satu pembina olimpiade pada ajang ini juga merasa sekaligus mendukung untuk kemajuan Pesantren Darul Mursyid. Ia mengatakan, “prestasi ini tentunya dicapai dengan perjuangan serta kerja sama antara orang tua, guru dan semua komponen Pesantren yang terus mendoakan dan memberi dukungan kepada tim olimpiade Darul Mursyid.

Insya Allah kami dari tim pembina olimpiade Darul Mursyid terus siap untuk membina demi untuk kemajuan sains dan peradaban Islam. Ungkap Rismauli Manurung. Ia juga mengatakan, “selain pembinaan olimpiade, kami juga membiasakan santri untuk berdoa serta menghubungi orang tua sebelum bertanding pada setiap lomba olimpiade, agar diberi kemudahan dalam meraih prestasi. Selain itu, kami juga sudah membiasakan santri kami dengan pelaksanaan ibadah seperti shalat duha, shalat tahajjud, shalat hajat, khotoman Al-Qur’an dan ibadah lainnya.

Drs Yusri Lubis selaku Direktur Pesantren Darul Mursyid merasa bersyukur dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinginya atas perolehan medali yang berulang-ulang terus diraih oleh santrinya. “Kami ucapkan selamat kepada para duta bangsa yang mengharumkan nama Islam dan Indonesia dengan prestasinya pada olimpiade bergengsi pada ajang bergengsi ini. Terimakasih atas doa dan dukungan Bapak Ketua, Wakil-Wakil Direktur dan seluruh elemen Pesantren Darul Mursyid. Semoga prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk berinovasi dalam menggali ilmu pengetahuan. Ujar Yusri

Terpisah, Ja’far Syahbudin Ritonga selaku Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) juga ia sebagai Ketua Lembaga Pemberdayaan Umat Darul Mursyid juga turut mengaresiasi prestasi santri Darul Mursyid yang terus mengalami peningkatan. “Dengan terus menambah prestasi Pesantren Darul Mursyid, menunjukkan kita konsisten dalam pencapaian visi dan misi sebagai pusat kejayaan sains Islam di Sumatera bagian tenggara. Insya Allah kita tidak akan pernah berhenti untuk mengikuti event perlombaan bergengsi dimanapun. Teruslah berjuang demi untuk kemajuan Islam, bangsa, Pesantren Darul Mursyid serta untuk membanggakan orang tua. Tuturnya.

Peliput : Maradotang