Santri Darul Mursyid Raih Medali KSM Tingkat Nasional 2022

0

TAPSEL (HK) – Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” yang beralamat di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan kembali catatkan prestasi pada ajang Kompetisi Sains Madrsah (KSM) 2022.

Ahmad Suheili Pulungan sebagai Wakil Direktur bidang Akademik Pesantren Darul Mursyid, Rabu (19/10/2022) memaparkan bahwa Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Ia mengatakan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional tahun ini digelar di Jakarta secara offline pada tanggal 10-14 Oktober 2022.

Lanjut Ahmad Suheili, “adapun perwakilan KSM dari Sumatera Utara pada tingkat Nasional adalah juara 1 tingkat provinsi dari masing-masing bidang studi. Untuk bidang studi IPA berasal dari MTs Alwashliyah Selat Besar Kab Labuhan Batu, Bidang Studi IPS tingkat MTs dari ponpes Alhasymiah Tebing Tinggi, Bidang studi Matematika dari tingkat MA berasal dari MAN 2 model Medan. Bidang studi Matematika tingkat MTs dari MTSN Toba Samosir, bidang studi Fisika tingkat MA berasal dari Yaspen Budaya Labusel, bidang studi Kimia tingkat MA berasal dari MAN Dairi, Bidang Studi Ekonomi tingkat MA berasal dari SMA CTF, bidang studi Geografi MAN Pematang siantar dan bidang Studi Biologi berasal dari Pesantren Darul Mursyid. Bebernya.

Alhamdulillah setelah melalui beberapa tahapan, mulai dari sekolah, tingkat regional dan tingkat nasional sudah terlaksana dengan baik dan santri kami atas nama Andika Prama Yufdi pada bidang studi Biologi Terintegrasi meraih medali Perunggu. Ungkapnya seraya berkata “terimakasih kepada pak direktur, wakil direktur dan semua guru, karyawan Pesantren Darul Mursyid yang telah mendukung dan mendoakan anak kita. Mudah2an hasil ini membawa keberkahan untuk kemajuan Pesantren Darul Mursyid. tuturnya.

Arzun Arifin Lase sebagai salah satu guru pembimbing olimpiade sains Pesantren Darul Mursyid mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya atas keberhasilan Andika Prama Yufdi pada ajang KSM Tingkat Nasional 2022. Ia mengatakan, “alhamdulillah santri Darul Mursyid terus raih prestasi, hal ini tentunya menandakan santri-santri Pesantren Darul Mursyid terus mempertahankan dan berjuang meraih prestasi, luar biasa! ” ungkap guru pembina olimpiade sains itu. Mohon Doa dan Restu dari bapak/ibu guru karyawan dan para orang tua santri kami untuk olimpiade selanjutnya. Semoga hasil dari olimpiade ini diberikan Keberkahan oleh Allah SWT. serta diberi hasil yang lebih baik kedepannya. Aamiin yaa Rabb.

Menanggapi keberhasilan yang diperoleh oleh santri-santri Pesanten Darul Mursyid, Drs Yusri Lubis dalam kegiatan pembinaan olimpiade menyatakan rasa syukur atas prestasi yang telah ditorehkan oleh santri-santri terbaik PDM. Ia mengucapkan “terimakasih kepada santri dan guru pembimbing serta Bapak Ibu Guru dan komponennya baik yang terlibat langsung ataupun tidak langsung yang telah menunjukkan kualitas Pesantren Darul Mursyid yang terus mengalami peningkatan. Bebernya.

Terpisah, Ja’far Syahbudin Ritonga sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) sekaligus sebagai pembina di PDM mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi ini. “Selamat dan sukses kepada Andika Prama Yufdi sebagai peraih medali KSM 2022, terus berkarya dan tunjukkan kemampuan serta kecintaan generasi muda terhadap sains. Ini adalah prestasi yang dihasilkan atas kerja sama yang baik. Namun, bukan berarti kita sudah puas, masih banyak lagi tugas PDM ke depan untuk meraih prestasi serta konsisten dalam mewujudkan Pesantren Darul Mursyid sebagai pusat kejayaan sains Islam di Sumatera bagian tenggara. Tutur Alumni S3 USM Malaysia itu.

Peliput : Maradotang