Iklan

Iskan: Ramadhan Harus dimaknai Sebagai Ajang Memaknai dan Mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila

0

PADANGSIDIMPUAN (HK) – Anggota MPR RI Iskan Qolba Lubis atau yang biasa disapa dengan panggilan IQL melakukan kegiatan sosialisasi 4 Pilar kepada masyarakat kabupaten Padang Sidimpuan, Kamis (23/03/2023). Pada kesempatan ini Iskan menyampaikan pentingnya menjaga NKRI dengan dibarengi pengetahuan kita tentang UUD 1945, Pancasila, dan makna Bhineka Tunggal Ika. Pengetahuan ini diprioritaskan khusus pada anak – anak muda yang sedang duduk dibangku sekolah dan juga kuliah.

“Kita ini golongan-golongan tua sebagai anak bangsa yang sudah mau pensiun harus menyiapkan generasi kita yang lebih baik dan berpengetahuan dari kita. Pengetahuan yang luas tentang perekembangan zaman dan juga teknologi ini harus didasari dengan kita mengetahui dasar-dasar berbangsa dan bernegara di NKRI ini dan juga yang paling penting adalah memahami makna Bhineka Tunggal Ika dan sejarah agar nurani para pemuda kita hidup kembali untuk melanjutkan perjuangan-perjuangan dalam membangun NKRI yang kita cintai ini.” Ungkap mantan wakil ketua komisi VIII tersebut.

Di hari pertama puasa ini juga Iskan mengingatkan bahwa ini juga merupakan momen kita antar manusia untuk saling berbagi kasih dan juga saling tolong menolong untuk mengimplementasikan nilai – nilai pancasila. Walaupun dalam keadaan menahan lapar dan haus semangat perjuangan dalam memajukan negara harus selalu berkobar, sebagaimana para pejuang kita dahulu dalam mempertahankan NKRI pada saat Agresi Militer Belanda pada tahun 1997 yang pada saat itu bertepatan pada momen bulan Ramadhan.

“Momen bulan ramadhan ini harus dimaknai sebagai ajang kita memaknai dan mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila. Contohnya dengan berbagi dan saling tolong kesesama. Dan juga membayar zakat menjadikan kita lebih dekat kepada Allah dan juga manusia. Ini juga salah satu cara memaknai sila pertama. Jadi, harus kita manfaatkan betul-betul puasa ini,” Ucap Iskan. Red