Malam Min 3 Lebaran, Perbelanjaan Mulai Ramai Diserbu Warga di Kota Panyabungan

0
Suasana di Jalan Lintas Barat Pasar Baru Panyabungan pada pukul 21.30 WIB, Minggu (7/4/2024).

Sumatera Utara, Mandailing Natal – Malam min 3 Lebaran di Kota Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal pada Minggu (7/4/2024) malam, pusat perbelanjaan mulai ramai diserbu pembeli. Di sejumlah titik pun mulai nampak terjadi kemacetan.

Terpantau, Mulai siang hingga tengah malam di seputar jejeran ruko Lintas Barat Pasar Baru Panyabungan mulai sibuk melayani konsumen. Hal ini bisa jadi dikawasan tersebut tersedia dua lembaga jasa keuangan dan pusat perbelanjaan yang beragam. Mulai dari penjual sembako, makanan minuman, kue lebaran, toko bangunan, pecah belah, kemasan, pernak pernik, gorden, kosmetik hingga pedagang pakaian pria dan wanita.

Ika, Salah satu konsumen warga Kecamatan Lembah Sorik Marapi ini mengaku baru sempat belanja bersama suami di min 3 lebaran lantaran baru gajian.

Mereka datang malam hari berharap bisa lebih tenang berbelanja, tidak terganggu ibadah puasa, aktifitas di rumah dan kerja.

Terlihat sang istri beranak satu ini dan yang lainnya mulai sibuk memilih baju di salah satu ruko yang menjual pakaian wanita dari produk shella saukia yang ada di Lintas Barat Pasar Baru Panyabungan.

“Saya memilih belanja diwilayah Lintas Barat Panyabungan ini karena tujuannya tepat, mau baju wanita, peralatan kosmetik, baju untuk anak dan suami berdekatan tokonya,” kata Ika penuh sumringah usai belanja bersama suami.

Sejumlah pedagang di kota Panyabungan memanfaatkan momentum lebaran untuk meraup untung sebanyak-banyaknya dengan menambah jam operasional tokonya.

Pada hari biasa, Jam operasional hanya sampai pukul 21.00 WIB. Namun sejak minggu pertama Ramadhan sejumlah toko sudah buka hingga tengah malam. Seperti yang terpantau di toko baju pria Dody Collection dan baju wanita J&C Fashion Shop, Hotma Kosmetik dan lainnya yang ada di Jalan Lintas Barat Panyabungan.

Suasana di seputaran depan Madina Square Pasar Lama Panyabungan pada pukul 00.30 WIB, Minggu (7/4/2024).

Hal yang sama juga terjadi disejumlah ruko yang ada di Pasar Lama Panyabungan, salah satunya toko Karin Ponsel yang menjual handphone dan aksesoris. Sejak pagi hingga malam pengunjung selalu ramai dan ternyata handpone baru dan aksesoris baru menjadi salah satu kebutuhan di hari raya nanti.

“Alhamdulillah, Pengunjung mulai ramai, kalau padatnya itu mulai siang dan habis waktu maghrib, tapi kami tetap buka sampai jam 12 malam,” ujar Mahyuddin, Pemilik toko Karin Ponsel Panyabungan, Minggu (7/4/2024).

Pengusaha muda ini mengungkapkan biasanya pas mendekati lebaran kawasan Pasar Lama Panyabungan selalu ramai hingga malam hari. Mulai dari pembeli yang berkendaraan roda dua dan empat datang bersama keluarga.

“Kalau sudah terlihat ada tanda-tanda ramai pengunjung, jam operasional toko diperpanjang hingga lebaran,” sebut Mahyuddin.

Hal yang sama juga dikatakan Rahmat, Pedagang khusus kue lebaran yang menjajakan dagangannya di depan ruko Madina Square Pasar Lama Panyabungan.

“Kalau saya buka 24 jam, di mulai dua minggu ramadhan karena kue yang kita jual ini beragam macamnya dan gak mungkin puluhan kaleng ini dipindah-pindah terus tiap hari,” ucapnya.

Sementara itu berdasarkan pantauan lalu lintas, media ini melaporkan mulai min 5 lebaran mulai terjadi kemacetan disejumlah ruas jalan. Di Jalan Lintas Barat Pasar Baru Panyabungan, misalnya mulai siang kenderaan harus merayap pelan begitu juga malam hari. Sebab kawasan ini mulai dipenuhi warga untuk mencari kebutuhan berbuka puasa dan buat lebaran nanti. Kenderaan pengunjung toko yang parkir terkadang meluber hingga ke badan jalan.