Iklan

LPU Darul Mursyid Selenggarakan Semarak Idul Adha 1445 H

0

Keterangan foto: Peserta pelatihan hewan kurban secara syar’i di Aula Sopodaganak Kecamatan Batang Toru

TAPSEL (HK) – Melalui Lembaga Pemberdayaan Umat Pesantren Darul yang beralamat di desa Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan selenggarakan Semarak Idul Adha yang bertempat di Aula Sopo Daganak Kecamatan Batang Toru, Sabtu 25 Mei 2024.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Seminar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syar’i Asep Safa’at Siregar M.Pd, Senin (03/06/2024) memaparkan bahwa semarak idul adha 1445 H dengan tema “dengan profesionalisme penyembelihan hewan kurban secara syar’i kita menuju Tapsel Madani yang berkah” ini diperuntukkan untuk para Nazir Masjid serta masyarakat yang biasa dalam hal penyembelihan hewan kurban yang berasal dari masyarakat Tapanuli Selatan sebanyak kurang lebih dari 150 orang yang berasal dari 5 Kecamatan yaitu Kecataman Batang Toru, Kecamatan Marancar, Kecataman muara Batang Toru, Kecamatan Angkola Barat dan kecamatan Angkola Sangkunur.

Lanjut Asep Safa’at, kegiatan semarak idul adha ini adalah kegiatan rutin LPU Darul Mursyid yang sebelumnya yang dilaksanakan di Aula Nasomarrongit Pesantren Baharuddin. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan edukasi bagi masyarakat, terutama orang-orang yang biasa ditugaskan untuk menyembelih hewan kurban di desa masing-masing, agar bisa menyesuaikan dengan penyembelihan hewan kurban secara syar’i. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat bisa menikmati sajian yang lebih halal secara syar’i dan halal secara tata cara penyembelihan.

Selain teori tentang penyembelihan hewan kurban secara syar’i, pada kegiatan pelatihan ini dibimbing oleh Ust Yasir Arafat LC MA untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana cara penyembelihan hewan kurban secara syar’i.

Sebagai ketua Panitia Seminar, saya mengungkapkan rasa syukur Alhamdulillah… Seminar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syar’i telah selesai. Secara umum acara berjalan dengan baik dan sukses meski ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Karena itu, Darul Mursyid yang dikomandoi Bapak Jafar Syahbuddin Ritonga hadir dan berbuat untuk masyarakat. Sejalan dengan visi misi Darul Mursyid yang kini menjelma menjadi Lembaga Pemberdayaan Umat yang insya Allah akan terus menebar manfaat bagi umat. Ungkapnya seraya berkata, “mohon doa dari semua, khususnya masyarakat Tapanuli Selatan agar acara ini di ridho i Allah SWT dan agenda Seminar berikutnya sukses dilaksanakan.” Harapnya.

Ketua Umum Lembaga Pemberdayaan Umat (LPU) Darul Mursyid dan juga sebagai Ketua MUI Sumut Bidang Ekonomi Pemberdayaan Umat, Jafar Syahbuddin Ritonga DBA sebagai penggagas seminar pelatihan penyembelihan hewan kurban secara syar’i menjelaskan bahwa acara ini dilaksanakan sebagai upaya memberikan pemahaman dasar tentang cara penyembelihan hewan. “Kegiatan ini Insya Allah akan bermanfaat, khususnya dalam penyembelihan hewan qurban pada hari raya Idul Adha. Ini adalah upaya untuk memastikan pelaksanaan dan higienitas hewan potong qurban agar terjaga, sehat dan aman. Seminar penyembelihan hewan kurban secara Syar’i akan memahamkan para peserta tentang tata cara penyembelihan hewan yang sesuai dengan hukum Islam,” ucap Alumni S3 USM Malaysia itu.

*Maradotang*