Proses Tahap Awal Pilkades Serentak Akan Dimulai Awal September

0

 

Subang, (HK) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di wilayah Kabupaten Subang yang akan diikuti oleh 58 desa dari 25 kecamatan, direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2021 dengan anggaran Rp 5 Miliar sebentar lagi akan memasuki tahap awal yaitu pada tanggal 1 September 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM) Kabupaten Subang, Drs. Wawan Suwitra ketika dikonfirmasi oleh awak media di acara Pelantikan Pelantikan Pejabat Desa Muara dan Jayamukti (08/08/2021) yang diadakan di Aula Kantor Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang Jawa Barat.

“Tahap awal proses Pilkades yaitu pembentukan panitia oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dimulai 1 September 2021 dan selanjutnya pada bulan yang sama dibuka pendaftaran bakal calon kepala desa,” jelas Wawan.(08/08/2021)

Untuk wilayah Kecamatan Blanakan sendiri ada 8 desa dari total 9 desa yang akan mengikuti Pilkades Serentak di tahun 2021. Delapan desa tersebut diantaranya Desa Muara, Tanjung Tiga, Langensari, Jayamukti, Rawamekar, Rawameneng, Cilamaya Hilir dan Cilamaya Girang. Jadi hanya Desa Blanakan yang tidak mengikuti Pilkades Serentak 2021 yaitu Desa Blanakan karena masa jabatan belum berakhir.

Wawan menambahkan bahwa menurut peraturan yang berlaku, bagi kepala desa yang menjabat dan akan mencalonkan diri kembali diwajibkan menjalani cuti begitu pula dengan aparatur desa yang berniat menjadi bakal calon kepala desa. Sedangkan untuk anggota BPD diwajibkan untuk mengundurkan diri dari jabatannya apabila akan mencalonkan diri sebagai kepala desa.

Dalam acara pelantikan tersebut dihadiri Unsur Muspika Kecamatan Blanakan mulai dari Camat Blanakan dan aparatur kecamatan, Kapolsek dan personil Polsek Blanakan dan Danramil dan personel 0506 Ciasem serta perwakilan dari BPD dan aparatur desa dari Desa Muara dan Desa jayamukti.

Berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 1. PM. 01. 03/KEP.380 – DPMD/2021 dan Nomor 2. PM. 01. 03/KEP.381 – DPMD/2021 yang dikeluarkan pada tanggal 15 Juli 2021yang memutuskan pengangkatan Sudirman, S. An., sebagai Pejabat Kepala Desa Jayamukti dan Ade Tohidin, S.P., M.P., sebagai Pejabat Kepala Desa Muara, dengan masa jabatan 6 bulan.(Nanang S IJB)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini