FESTIVAL IBING PENCUG KHAS KARAWANG

0

 

Karawang, (HK) – Terlahir dari tradisi Sunda yang mengedepankan “Silih Ajénan” atau saling menghormati, Seni Ibing Pencug mampu bertahan di tengah gelombang globalisasi yang demikian deras. Keluwesan seni khas Karawang ini memiliki keistimewaan tersendiri yang menjadikannya tak lekang dimakan zaman.

Seni Pencug atau Pencugan adalah seni tari dengan dasar gerakan seni bela diri.

Pada mulanya hanya gerakan-gerakan silat saja yang ditampilkan. Namun sekarang, seiring perkembangannya, semua jenis tarian seni bela diri, bisa masuk dan bisa tampil di tengah arena pencugan, irama musiknya adalah irama khas musik tradisi Karawang.

Namun karena musik di Nusantara memiliki akar dan warna yang tak jauh berbeda, pasti intuisi dan pendengaran saudara-saudari se-Nusantara akan mudah beradaptasi. Setelah mampu menyelaraskan gerak dan irama, pasti akan segera diketemukan nikmatnya menari Ibing Pencug.

Dengan pertimbangan falsafah “silih ajénan” yang  memberi ruang pada siapapun, untuk tampil mengekspresikan gerak tarinya, Yayasan Pencug Mustika Sari mengajak semua kalangan, di seluruh Wilayah Nusantara, untuk turut serta meramaikan acara Festival Ibing Pencug Khas Karawang.

Festival ini terbuka untuk umum, semua kalangan dan semua jenis tarian, yang memiliki dasar tari seni bela diri, bisa mendaftarkan diri http://bit.ly/daftaribingpencug untuk ikut serta.

Bagi pencinta dan pelaku seni Se-Nusantara, perhelatan ini layak dicoba. Selain menantang dan mengasyikan, kita juga bisa menunjukkan pada dunia, bahwa seni adalah bahasa universal. Dengan seni saudara-saudari se-Nusantara mampu menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

Festival seperti ini merupakan hal yang baru dan akan menjadi sejarah tersendiri bagi seni tradisi di Indonesia. Makanya Original Rekor Indonesia, merasa terpanggil untuk turut serta memprakarsai perhelatan ini. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan kenang-kenangan T-Shirt dari panitia dan piagam dari ORI (Original Rekor Indonesia).

Untuk yang ikut berpartisipasi silahkan hubungi panitia. Mari buka babak sejarah baru seni tradisi di Nusantara tetap bisa berekspresi walau dalam situasi pandemi dan pastikan anda terlibat di dalamnya.

Kain Sadewa Panitia Hp : 0858-1111-9631

(Ki Baong IJB)