BAPOPSI Banyusari Saeful Nurdin : lomba Calistung latih kemampuan dasar Siswa

0

BAPOPSI Banyusari Saeful Nurdin : lomba Calistung latih kemampuan dasar Siswa

KG KARAWANG II Guna mengukur keberhasilan proses pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar baik negeri maupun swasta se-Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang, lomba calistung (membaca, menulis dan berhitung) dinilai sebagai salah satu upaya stategis, relevan dan efektif untuk membuktikan keberhasilan proses belajar guru dan siswa di kelas.

BAPOPSI Kecamatan Banyusari mengadakan lomba Calistung ini pada hari Rabu tanggal 7 Pebruari 2024 di SDN Cicinde Utara I dengan peserta sebanyak 21 SDN, terdiri atas kelas I, II, dan III. Kegiatan diadakan bersamaan dengan lomba KSM, Olah Raga dan Seni  yang diikuti oleh siswa kelas 1 – 5.

Lomba dibuka oleh Kepala Korwilcambidik Kecamatan Banyusari H.Asep dalam sambutannya,  menjelaskan, lomba ini untuk mengukur keberhasilan pembelajaran di kelas terutama dalam pembelajaran membaca, menulis dan berhitung yang merupakan kemampuan dasar dan harus dikuasai setiap siswa sekolah dasar.

“Lomba ini juga untuk menumbuhkan budaya belajar, kreativitas dan budaya sportivitas siswa,” kata Asep.

Ketua Bapopsi Kecamatan Banyusari Saeful Nurdin  menjelaskan, lomba tahunan ini diikuti oleh 350 siswa dari 21 sekolah dasar se banyusari.

”Lomba ini diadakan di semester genap. Pesertanya dari kelas 1 sampai kelas 5. Jumlah terhitung sangat banyak dan antusiasnya luar biasa,” kata Nurdin.

Pada lomba ini, peserta harus mengikuti beberapa tahapan lomba seperti tes tulis, tes membaca, pemahaman, menyalin dan mendikte huruf tegak bersambung dan membaca.

Lomba dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Lomba dihadiri oleh Kepala Korwilcambidik , Pengawas Bina, para kepala sekolah dan guru sekolah dasar.

Disaat pembukaan acara, siswa sekolah dasar tersebut menampilkan Marching Band sebagai hiburan. Semua yang hadir sangat menikmati penampilan tersebut.

Lomba memperebutkan juara I, II dan III. Masing-masing juara mendapatkan penghargaan dari panitia berupa piagam dan piala, serta memperebutkan juara umum yang akan memperoleh piala bergilir dari.

(Irwanto)