Pers Diharapkan Jadi Garda Terdepan Mencerahkan dan Meluruskan Informasi Kepada Masyarakat

0

PADANGSIDIMPUAN (HK) – Sebagai Wartawan diharapkan menjadi garda terdepan melakukan pencerahan dan meluruskan informasi kepada masyarakat, hal tersebut disampaikan oleh Dandim 0212//TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, SIP di hadapan puluhan wartawan yang ada di Tabangsel (Padangsidimpuan, Tapsel, Madina, Paluta dan Palas) di Aula Makodim 0212/TS, dalam acara silaturahmi bersama insan pers sebagai kegiatan komunikasi sosial dengan komponen bangsa di wilayah Kodim 0212/Tapsel.

Kegiatan yang mengusung thema “Mengawal keutuhan dan kemajuan bangsa dalam bingkai NKRI” ditandai dengan pemberian piagam penghargaan kepada insan Pers yang dilaksanakan di Aula Daulay Simorangkir Makodim 0212/Tapsel di Padangsidimpuan, Kamis (16/9/21).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim mengatakan setiap kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah, TNI maupun Polri selalu ada wartawan yang mengabadikan melalui karya jurnalistik sehingga diketahui oleh masyarakat.

“Bukan hanya seremonial saja namun dalam kehidupan sehari hari dalam menjalankan misi kemanusiaan dan kegiatan lainnya yang memberikan informasi yang faktual kepada masyarakat,” ujar Rooy Chandra Sihombing.

Rooy Chandra Sihombing juga menyampaikan, tujuan silaturahmi ini untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan segenap komponen bangsa khususnya insan pers diwilayah Kodim 0212/TS sebagai wujud partisipasi dalam mengawal keutuhan dan kemajuan bangsa dalam bingkai NKRI.

Dandim juga berharap khusus Pers di Tabagsel menjadi garda terdepan mencerahkan masyarakat meluruskan informasi informasi yang tidak baik, seperti ujaran kebencian dan Hoax. Karena masyarakat yang sehat menurut Dandim terlahir lewat pembentukan pola pikir yang positif yang di dapatkan lewat informasi yang baik yang terlahir lewat kehadiran pers dengan perspektif jernihnya,” ujar Dandim 0212/Tapsel seraya berharap Pers harus berdiri di depan melawan kekacauan informasi serta sebagai pusat informasi pers memberikan informasi yang benar dan sehat.

Letkol Inf Rooy Chandra juga mengatakan perlu adanya penyamaan visi, persepsi dan interpretasi dalam menyikapi perkembangan situasi.

“Mari kita bersinergi dalam mewujudkan persamaan persepsi dalam mengawal keutuhan dan kemajuan bangsa dalam bingkai NKRI,” ajak orang nomor satu di Kodim 0212/TS tersebut.

Terakhir Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP mengucapkan terimakasih kepada Insan Pers yang terjalin selama ini. Karena kerja sama dan sinergitas dengan insan pers Kodim 0212/Tapsel mengukir sejarah baru, yakni berhasil meraih juara II (dua) kategori Dansatgas lomba karya jurnalistik kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 di jajaran Angkatan Darat yang diikuti 50 Se-Indonesia, ucap Rooy seraya menyampaikan salam dari Pangdam I/BB dan jajaran serta Danrem 023/KS.

Sementara Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih tak terhingga dari kami insan pers di Tabagsel kepada Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing beserta seluruh jajaran. Karena telah mengikutsertakan kami insan pers menjadi bagian dari pelaku sejarah perjuangan meraih prestasi Juara 2 Nasional kategori Karya Jurnalistik TMMD ke 111.

Terimakasih juga kepada TNI khususnya Angkatan Darat (AD). Karena sejak mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono melontarkan kata-kata motivasi di depan Forum Pemred pada tahun 2016, hubungan TNI AD dengan jurnalis atau media semakin erat dan lebih baik lagi.

“Kita yakin Tuhan itu Maha Tahu. Tetapi dunia perlu diberitahu”. Maknanya adalah kita sebagai umat beragama meyakini Tuhan itu Maha Segalanya. Tetapi kita juga harus ingat bahwa ummat manusia di dunia ini harus diberitahu atas segala perkembangan yang terjadi melalui berita hasil karya insan pers.

Harapan kami ke depannya, sinergitas kemitraan ini semakin lebih baik lagi. Sehingga prestasi demi prestasi untuk Kodim 0212/TS dapat kita wujudkan bersama.

Sperti halnya kesuksesan program Lumbung Ketahanan Pangan Nasional (food estate) yang diinisiasi Presiden RI Ir. Joko Widodo dan menghunjuk Kementerian Pertahanan sebagai penanggungjawab pelaksanaannya di lapangan.

Di Indonesia hanya ada dua provinsi yang ditetapkan sebagai lokasi food estate, yakni Kalimantan Tengah dan Sumater Utara.

Sementara di Sumut sendiri hanya ada tiga kabupaten yang ditetapkan dan dua di antaranya berada di wilayah teritorial Kodim 0212/TS yaitu Mandailing Natal dan Tapanuli Selatan. Satu lagi Kabupaten Taput.

Kemudian mewakili Insan Pers disampaikan oleh Sulaiman Siregar dari Metro Tv. Sementara yang hadir pada kesempatan itu terlihat perwira staf Kodim 0212/TS, Kasubbag Humas, Polres Tapsel, Polres Padangsidimpuan dan Polres Madina, Kadis Kominfo se-Tabagsel, insan pers dari media cetak, online, elektronik dan radio se Tabagsel yang berjumlah sekira 50 orang.

Peliput : Maradotang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini