Iklan

Darul Mursyid Raih Juara 1 dan 2 Turnamen Robotik Indonesia 2024

0

Keterangan foto: Santri Pesantren Darul Mursyid bersama guru pembina olimpiade Turnamen Robotik Indonesia 2024

TAPSEL (HK) – Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” yang beralamat di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan kembali raih prestasi membanggakan pada even Turnamen Robotik Indonesia yang dilaksanakan di GOR Padepokan Pencak Silat Jakarta Timur 17-19 Mei 2024

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains Arjun Arifin Lase, Rabu (05/06/2024) menjelaskan bahwa Turnamen Robotik Indonesia adalah olimpiade bergengsi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya dalam bidang sains dan teknologi yang terus berkembang saat ini. Ia juga mengatakan, “olimpiade ini diselenggarakan oleh Persatuan Robotik Seluruh Indonesia (PRSI) bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) untuk memperebutkan piala Ketua MPR-RI tahun 2024. Ungkapnya.

Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI merupakan ajang untuk mengembangkan dan memajukan bidang robotik di tingkat pelajar, mahasiswa hingga umum. Disamping menguji ketrampilan teknis dan kreativitas dalam merancang, membangun dan mengoperasikan robot. Turnamen akan diikuti oleh para peserta dari seluruh provinsi di Indonesia,”

Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI akan mempertandingkan enam kategori. Pertama, ‘Robot Sumo’ yang merupakan kompetisi dimana robot otonom atau semi-otonom dirancang dan diprogram untuk bertanding Sumo, mendorong robot lain keluar dari lingkaran pertandingan atau menghentikan lawan bergerak. Kedua, ‘Robot Soccer’ merupakan olahraga yang melibatkan robot otonom yang dirancang untuk bermain sepakbola melawan tim lawan. Setiap robot dilengkapi dengan sensor, pemrosesan data, dan kemampuan navigasi untuk bergerak di lapangan, mendeteksi bola serta berinteraksi dengan rekan satu timnya.

“Ketiga ‘Robot Line Follower’ yang merupakan robot yang dirancang untuk mengikuti garis atau jalur yang telah ditentukan secara visual. Keempat ‘Robot Kreatif Rancang Bangun’ merupakan jenis robot yang memilikinya kemampuan untuk menghasilkan karya seni atau karya kreatif lainnya,” urai Arzun

Kelima adalah ‘Robot Transporter’. Robot transporter adalah jenis robot yang dirancang khusus untuk melakukan tugas transportasi atau pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lain. Jenis robot ini beragam dalam desain dan ukuran. Mulai dari robot kecil yang digunakan di dalam fasilitas produksi atau gudang, hingga kendaraan otonom yang lebih besar digunakan di luar ruang untuk mengangkat barang secara mandiri.

“Kategori keenam adalah ‘Robot Amphibious Solar Vehicle’ merupakan jenis robot kendaraan yang dirancang untuk beroperasi di darat dan air. Robot ini menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi utamanya. Dilengkapi dengan panel surya yang terpasang di permukaannya untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik guna menggerakkan robot,” pungkas Arzun

Alhamdulillah, santri Pesantren Darul Mursyid berhasil meraih prestasi dengan rincian sebagai berikut pada kategori Line Follower Senior, santri Pesantren Darul Mursyid meraih juara 1 atas nama IVAN HARYADI PASARIBU dan FAZA ATH THOHARI HABIBULLAH. Pada kategori Line Follower Senior berhasil meraih juara harapan 1 atas nama AMRI MAULANA dan ALWAN BAQIR FADHLURROHMAN. Pada kategori Line Follower Junior berhasil meraih juara 2 atas nama RIZKY PARLAN SIREGAR, AKHA FAITH DZAKY AZALY dan ABDULLOH KHOIRUMAN AZAM. Pada kategori Line Follower Junior berhasil meraih juara harapan 1 atas nama AUFAL BAGINDA dan AUFA FADHUL AZIS. Pada kategori Transporter Junior berhasil meraih juara harapan 2 atas nama NAUFAL BAGINDA dan AUFA FADHUL AZIS. Ungkapnya seraya berkata “terimakasihnya atas doa Bapak Ketua, Direktur, Wakil-Wakil Direktur, dan semua Guru Karyawan Pesantren Darul Mursyid. Mudah-mudahan prestasi ini bisa menambah keberkahan bagi pesantren, kejayaan Islam serta menjadi kebanggaan bagi para orang tua dan guru.” Bebernya.

Ivan Hariyadi Pasaribu sebagai peraih prestasi pada event Turnamen Robot Indonesia 2024 merasa bersyukur atas capaian prestasi ini. Ia mengatakan Mohon doa dan dukungannya semoga saya bisa konsisten dan tetap terus mendapatkan prestasi lagi pada ajang olimpiade-olimpiade bergengsi lainnya. Tutur santri berprestasi itu.

Dalam keterangannya, Direktur Pesantren Darul Mursyid Drs Yusri Lubis menyampaikan bahwa keluarga besar Pesantren Darul Mursyid (PDM) patut bersyukur dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian prestasi ini. “Saya selaku Direktur tentunya sangat bangga dengan capaian prestasi santri kami. Hal ini telah membuktikan bahwa Pesantren Darul Mursyid mampu dan layak untuk mewakili pesantren sains pada olimpiade science dan robotic Competition” katanya

“Semoga diwaktu yang akan datang, semakin banyak perwakilan dari Pesantren pada ajang olimpiade baik di tingkat nasional maupun internasional,” harap Yusri.

Terpisah, Jafar Syahbudin Ritonga (JSR) sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) juga menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang diraih kedua santri Pesantren Darul Mursyid. “Selamat kepada tim olimpiade sains dan robotik Pesantren Darul Mursyid. Ini adalah prestasi yang dihasilkan atas kerja sama yang baik. Namun, bukan berarti kita sudah puas, masih banyak lagi tugas PDM ke depan untuk meraih prestasi yang lebih banyak lagi. Semoga dengan prestasi ini bisa memberikan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan di bidang kebumian. Tutur Alumni S3 USM Malaysia itu.