Peringati Maulid Nabi, Korwilcambidik Banyusari Ajak Tauladani Figur Nabi Muhammad SAW

0

Peringati Maulid Nabi, Korwilcambidik Banyusari Ajak Tauladani Figur Nabi Muhammad SAW

KARAWANG, (HK) – Korwilcambidik Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertajuk tema “Menjalin Ukhuwah dengan Akhlakul Karimah”.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini menghadirkan pembicara KH.Abdul Somad ketua MUI Kecamatan Banyusari, Sabtu (06/11/2021).

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Dalam sambutannya, kepala Korwilcambidik Kecamatan Banyusari H.Asep Suhendi.S.Pd.M.Pd mengajak kepada seluruh hadirin untuk senantiasa bersyukur atas berkah dan rahmat Allah SWT serta meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW.

“Marilah senantiasa bersyukur kepada Allah SWT karena kita masih diberikan kesempatan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Melalui momentum ini, marilah kita jadikan sosok Nabi Muhammad SAW sebagai figur tauladan dalam berucap maupun berbuat, tidak terkecuali dalam tugas kita sebagai tenaga pendidik,” kata H.Asep.

“Sebagai tenaga pendidik yang religus dengan pilar konservasi keilmuan dan keagamaan. Maka tidak hanya mengedepankan kecerdasan ilmiah saja, namun juga kecerdasan kemanusiaan. Melalui pendidikan karakter, anak didik ditempa untuk memiliki akhlak yang mulia,” tambah Asep.

Asep menyampaikan Maulid Nabi ini merupakan peringatan hari dilahirkan Rasulullah SAW, dan sebagai tanda cinta umat kepada nya. Peringatan tersebut dapat dijadikan momentum evaluasi dalam meneladani beliau sebagai suri tauladan umat manusia khususnya umat muslim.

“Dalam hal ini peringatan Maulid Nabi menjadi pendidikan karakter dalam menumbuhkan dan meningkatkan akhlakul karimah. Civitas akademika bukan hanya pandai dan berprestasi dalam ilmu pengetahuan tetapi juga harus memiliki akhlakul karimah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW,” tutur Asep.

Dikatakan Asep, Rasulullah SAW telah mencapai puncak keilmuan. Sebagai utusan Allah, beliau mengetahui hukum Alquran sampai sedetail-detailnya kemudian menyampaikan, serta menjelaskannya kepada manusia. Oleh karena itu, Rasulullah SAW merupakan teladan sekaligus sumber rujukan utama dan pertama bagi segenap kaum Muslimin.
Selain itu, Asep mengajak para kepala sekolah dan guru untuk menerapkan akhlakul Karimah dalam menjalankan tugas, menyampaikan ilmu yang dimiliki kepada siswa.

Ketua panitia Maulid Nabi Muhammad Saw, Awaludin.S.Pdi melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh kelompok kerja guru agama untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik di Kecamatan Banyusari.

Turut hadir dalam kegiatan itu ketua K3S, ketua PGRI, para kepala sekolah, guru, dan staff Korwilcambidik Banyusari, serta pengawas PAI Banyusari. (Irwan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini