BATCHING PLANT  NALUMSARI TIMBULKAN KERESAHAN MASYARAKAT GEMIRING LOR

0

 

JEPARA, (HK) – Rabu, 25/08/2021 Proyek Batching Plant yang terletak di desa Gemiring Lor dalam kegiatannya telah menimbulkan gangguan baik polusi udara maupun polusi suara bising yang makin hari makin dirasa mengganggu kenyamanan warga masyarakat terutama di sekitar lokasi proyek tersebut.

Keresahan warga tersebut sebetulnya sudah mulai dirasa semenjak kegiatan proyek batching plant dimulai yaitu semenjak bulan Desember 2018. Hingga puncaknya pada beberapa hari lalu warga desa Gemiring Lor bersama Perangkat Desanya yang didampingi oleh Kades terpaksa menutup akses jalan masuk ke lokasi proyek batching plant itu.
“Tindakan ini kami lakukan karena pihak pengelola (PT Safina Jaya) mengabaikan keluhan warga terkait gangguan yang dirasakan serta mengabaikan kewajibannya melunasi sewa lahan tempat proyek batching plant tersebut beroperasi.” Demikian Kades Gemiring Lor.

Letak proyek batching plant yang terpaut jarak hanya beberapa meter dari gedung sarana pendidikan yaitu SMP N 2 Nalumsari tak urung juga mengusik Kepala Sekolah nya untuk mengambil inisiatif menyampaikan keluhan kepada Kades Gemiring Lor dalam bentuk Surat Pernyataan resmi yang isinya antara lain agar Kades mengingatkan pihak pengelola kegiatan tersebut bisa memperhatikan kondisi lingkungan yang terganggu syukur syukur bisa dipindahkan ke tempat lain yang agak jauh agar tidak mengganggu kenyamanan proses belajar mengajar di sekolah itu.

Proyek batching plant itu sendiri terletak di tanah bengkok perangkat desa Gemiring Kidul pada blok 26 seluas 4200 m² milik Subiyanto selaku Kamituo (Kadus) 4 yng disewa oleh PT Safina Jaya selaku pengelola batching plant tersebut semenjak Desember 2018 sampai dengan Desember 2023 (selama 5 tahun).

Didapati informasi di lapangan bahwa pihak Safina Jaya kabarnya belum memenuhi kewajibannya sewa lahan kepada pihak Subiyanto hingga berita ini ditayangkan. Safina Jaya konon hanya baru membayar sewa lahan sebesar 25 juta dan masih kurang 25 juta lagi untuk pelunasan termin pertama pembayaran saat penanda-tanganan perjanjian dan sisanya sebesar 50 juta paling lambat satu tahun setelah batching plant beroperasi sebagaimana bunyi surat perjanjian antara pihak Subiyanto dan Safina Jaya.
Seperti diketahui bahwa harga sewa lahan tersebut telah disepakati sebesar 100 juta untuk jangka waktu 5 tahun, dan dibayar 2 kali, yaitu pada saat tanda tangan perjanjian 50 juta dan 50 juta sisanya dilunasi setelah paling lama 1 tahun proyek batching plant beroperasi, sedangkan hingga saat ini proyek batching plant itu sudah hampir memasuki 3 tahun beroperasi di lahan itu.

Terpisah Kades Gemiring Lor – Aris Muranto – kepada Tim Media pada Sabtu 16/08/2021 yang baru lalu mengatakan ” Apa yang saya lakukan itu (dengan menutup sementara lokasi proyek-red) adalah sudah sesuai dengan kapasitas saya selaku kepala desa yang juga harus merespon masukan dari berbagai pihak. Saya berharap pihak Safina Jaya mau legowo dan instrospeksi diri serta segera menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai pihak pihak yang dirugikan dan mau menemui saya untuk menyelesaikan kewajibannya”
Sewaktu disampaikan kepada Kades bahwa pihak Safina Jaya justru menggandeng beberapa pengacara dan melaporkan Kades ke pihak Kepolisian, Kades Gemiring Lor dengan sigap menjawab “Soal pihak Safina Jaya melaporkan saya ke Kepolisian itu adalah hak mereka sebagai warga negara. Silahkan saja” demikian Aris Muranto mengakhiri wawancara.

Adapun Camat Nalumsari Drs. Mutammadin Arief, MM dalam kesempatan lain menanggapi kekisruhan proyek batching plant tersebut “Sejauh ini kami coba akan pantau perkembangannya agar keadaan tetap kondusif dan mendorong pihak² yang terkait agar bisa menahan diri serta bisa berembuk yang baik sehingga bisa mendapatkan solusi untuk kebaikan bersama”

Hingga kini pihak Safina Jaya masih belum bisa dihubungi guna dimintai keterangan lebih lanjut termasuk kaitannya dengan belum adanya ijin operasional dan ijin gangguan yang dimiliki. Sementara orang orangnya yang berada di lokasi proyek tidak bersedia memberikan statement-nya.

(bsa/tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini