dr.Tuti Susilowati : Dimusim Penghujan Warga Diharap Lakukan PSN

0

dr.Tuti Susilowati : Dimusim Penghujan Warga Diharap Lakukan PSN

KARAWANG, (HK) – Menjelang musim penghujan kepala Puskesmas Medangasem, Kecamatan Jayakerta, Dr Tuti Susilowati menghimbau agar seluruh desa di wilayah jayakerta berupaya melakukan (PSN) pemberantasan sarang nyamuk.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir pengembang biakkan nyamun Aedes aegypti, selain itu 3M menguras, menutup dan mengubur barang yang berpotensi dapat bersarangnya nyamuk berbahaya tersebut.

“Pola hidup sehat tetap di utamakan dan kebersihan lingkungan rumah harus tetap di jaga, tidak ada tumpukan sampah, saluran air harus bersih dari kotoran. Pihak desa jangan berhenti memberikan himbauan pada warganya. Kalau semua itu diterapkan, dapat terhindar dari penyakit apapun,” ungkap
kepala Puskesmas Meedangasem Dr Tuti Susilowati, Selasa (16/11/2021).

PSN harus dilakukan, karena dengan cara ini sangat efektif dalam mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti. Untuk itu masyarakat harus mengerti akan pentingnya hidup sehat.

“Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Kami tidak henti henti mengajak masyarakat untuk membiasakan hidup sehat,” tambah Tuti.

Terpisah Camat Jayakerta Budiman Achmad menyampaikan, PSN itu lebih baik dari pada melakukan fogging. Dengan pemberantasan sarang nyamuk, akan efektif hasilnya, terutama kebersihan dilingkungan rumah masing masing, seluruh saluran di bersihkan , tumpukan sampah dibuang atau di timbun.

“Saya setuju kalau PSN diterapkan untuk membasmi nyamuk dari pada pengasapan menggunakan cara fogging hasilnya kurang maksimal karena tidak mematikan tapi cuma mengusir nyamuk saja,” singkatnya. (Bolenk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini