Pardi Akui Berangkatkan Yuyun ke Arab Saudi Melalui Hj.Yesi Kalenbuntu

0

Poto Ilustrasi.

Pardi Akui Berangkatkan Yuyun ke Arab Saudi Melalui Hj.Yesi Kalenbuntu

KARAWANG II Sponsor tenaga kerja Indonesia, TKI atau TKW, bernama Pardi mengaku telah memberangkatkan Yuyun Marfiah asal Prako Desa Sukamulya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat ketimur tengah tujuan Arab Saudi Melalui Hj.Yesi Kalenbuntu Desa Banyuasih Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang.

Pengakuan itu Pardi sampaikan lewat pesan WhatsApp nya pada saat dikonfirmasi awak media.

“Ia Yuyun Marfiah berangkat ke Saudi oleh saya melalui Hj.Yesi orang kalenbuntu Desa Banyuasih. Kalau nama PT nya saya tidak tahu. Emang ada masalah apa pak,” terang Pardi penuh tanya, Rabu 4 April 2023.

Padahal diketahui, pemerintah Indonesia telah melakukan penutupan calon tenaga kerja Indonesia ke timur tengah termasuk Arab Saudi. Jadi disimpulkan, pemberangkatan TKW ke Arab Saudi adalah Unprosedural alias Ilegal, dan melanggar hukum. Selain melanggar hukum, juga membahayakan keselamatan jiwa TKI/TKW itu sendiri.

Dimana Yuyun Marfiah sebelumnya tinggal di Kampung Kecemek kemudian menikah dengan Tato alias Ato alias Ocay warga dusun Prako Desa Sukamulya Kecamatan Cilamaya Kulon, lalu menetap diprako.

Untuk memastikan kebenaran kabar tersebut media ini coba menghubungi Hj.Yessi melalui kepercayaannya Mahmud namun yang bersangkutan tidak ada dilokasi.

“Mohon maaf, ibu Yesi nya sedang ke Karawang kedinas, sedang ada urusan. Nanti saya sampaikan yahh,” ungkap nya.

Sementara Kades Sukamulya Ucup Subhan, saat dimintai keterangannya mengatakan, bahwa Yuyun Marfiah adalah benar warga desa Sukamulya.

“Saya tidak tahu kalau YuYun berangkat ke Saudi. Dari pihak sponsor tidak ada yang datang ke desa,” ujarnya .

Lanjut Ucup, ke Arab Saudi itu kan dilarang oleh pemerintah Indonesia, sehingga prosesnya terserbut diduga  ilegal.

“Ini harus ditindak dengan tegas. Agar ada efek jera,” ucapnya.

Pewarta : H.Bolenk/Red