Tertimpun Longsor Jalan Panyabungan-Natal Lumpuh

0

MANDAILING NATAL (HK) – Hujan deras yang menerjang Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal memicu bencana longsor di ruas jalan Panyabungan-Natal tepatnya di Desa Rantobi, Kecamatan Batang Natal, Kamis (7/3/2024)

Bongkahan tanah dan lumpur yang menutup badan jalan diperkirakan mencapai 3 meter, selain tanah, ruas jalan jembatan merah menuju Panyabungan itu juga tertutup tiang PLN yang tumbang ke jalan.

“Tanah longsor disebabkan oleh tingginya curah hujan pada kamis sore hingga malam sehingga jalan provinsi itu akhirnya tertimbun material longsor setinggi 3 meter, “ujar warga saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp.

Akibat bencana tersebut akses lalulintas tertutup dan tak bisa dilewati kendaraan, tampak antrian kendaraan terlihat di sepanjang jalan karena sampai sekarang longsor tersebut belum tersentuh alat berat.

Meski begitu, sejumlah pengguna kendaraan roda dua masih ada yang berani menerobos lumpur di bahu jalan dengan melintas di bantu oleh warga setempat.

Informasi yang berhasil dihimpun, Serda Samsul Nasution Babinsa Lingga Bayu Koramil 16 Batang Natal menyampaikan bahwa longsor ini cukup panjang dan ketebalan longsor diperkirakan mencapai 3 meter.

“Longsor ini terjadi sekitar pukul 19.30 WIB, saat ini mobil tidak bisa lewat, untuk kendaraan roda dua bisa, tapi harus di bantu oleh warga yang di sekitar longsor, “ujarnya.

Lanjut, kata Serda Samsul Nasution kami menghimbau kepada pengendara roda 4 dan mobil truk untuk berhenti di tempat yang lebih aman, karena kita juga belum tau kapan longsor ini bisa di kerjakan, “excavator belum ada di turunkan ke lokasi untuk melakukan pembersihan, “ungkapnya. (Maradotang)