Sekda : Karawang Punya Andil Besar Melahirkan Santri Terkemuka di Tanah Pasundan

0

Karawang, (HK) – Sekda Karawang, H. Acep Jamhuri, mewakili Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Yayasan Al-Azhar Karawang. Kegiatan berlangsung di Lantai 1 Mall Karawang Central Plaza di Kawasan Galuh Mas, Jumat (22/10/2021) siang dengan menghadirkan tausyiah dari Gus Haris.

Dalam sambutanya, Sekda menyampaikan acara Maulid Nabi yang diselenggarakan oleh Al-Azhar bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021, yang di pagi hari telah dilaksanakan secara khidmat di Plaza Pemda Karawang.

Berbicara mengenai santri, Sekda mengungkapkan, Kabupaten Karawang memiliki andil besar dalam sejarah lahirnya para santri terkemuka, yang menjadi cikal bakal tokoh yang sangat berpengaruh bagi tanah pasundan.

“Disini ada masjid pertama di pulau jawa. Yang dibangun oleh Syech Quro untuk mensyiarkan agama islam, yaitu Masjid Alun Alun. Syech Quro mempunyai banyak santri, salah satu diantaranya adalah Nyi Subang Larang yang bisa memanah perasaan seorang Prabu dengan suara lantunan ayat suci Al-Qur’an. Dia adalah Prabu Siliwangi,” ungkap Sekda.

“Sudah selayaknya kita sebagai orang Karawang bangga dengan Hari Santri. Kita harus bisa merasa memiliki,” ucapnya.

Kata Sekda, di masa sekarang, keberadaan pondok pesantren banyak mengalami perubahan. Sebagai salah satu contohnya seperti Yayasan Al-Azhar. Lembaga pendidikan yang bertransformasi menjadi pesantren modern.

Jika melihat latar belakang Al-Azhar, lanjut dia, proses pendidikan di sekolah tersebut akan banyak membantu pemerintah daerah menciptakan generasi penerus yang berkualitas, berkepribadian dan berakhlak mulia.

“Semoga Al-Alzhar bisa menjadi wadah bagi generasi penerus yang berkualitas. Tentu dengan akhlak yang mulia,” harapnya. (diskominfo/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini