Buaya Raksasa Menewaskan 2 Warga Pasbar Berhasil Ditangkap

0

Sumatera Barat, Pasaman Barat – Seekor buaya berukuran lima meter di sungai Batang Mandi Angin Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhasil ditangkap setelah menyerang tiga orang dan menewaskan dua warga setempat.

Menurut Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Ardi Andono penyerangan buaya terhadap warga itu terjadi pada Januari lalu. Sebanyak dua orang tewas dan satu orang luka-luka akibat serangan buaya tersebut.

Proses penangkapan buaya berukuran lima meter dengan diameter perut kurang lebih 70 cm itu dilakukan secara mandiri sebanyak empat ekor buaya.

“Alhamdulillah, empat ekor buaya telah ditangkap dan sudah dievakuasi ke tempat transit satwa,” jelasnya dilansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (8/02).

Pemerintah berterima kasih kepada seluruh masyarakat, POLRI -TNI yang telah memberi fasilitas baik dari mengangkut buaya dan lainnya.

Dia pun berharap konflik buaya dan manusia dapat mereda perilaku penyerangan buaya tersebut terjadi akibat fase siklus hidup buaya yang tengah memasuki musim kawin dan bertelur pada Januari hingga Maret.

“Kepada seluruh masyarakat yang tinggal di bantaran sungai muara agar meningkatkan kewaspadaan,” tutup Ardi. (Hm. Robby)