Sponsor Ikah Resmi Dilaporkan ke Polda Jabar Atas ditangkapnya TKW Karawang Oleh Polisi Malaysia

0

Subang, (HK) – Forum Perlindungan Migran Indonesia (FPMI) Daerah Kabupaten Subang, Wahyudin melaporkan sponsor TKW bernama Ikah warga kampung Sadang RT 044/014 Desa Salamjaya, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, selaku penyalur tenaga kerja Indonesia ke Polda Jawa Barat pada Senin 04 Oktober 2021.

“Kami melaporkan Ikah yang telah memberangkatkan
Ridah Jubaedah binti Rudin asal Desa Bayur Lor RT 14, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, sebagai tenagakerja keluar negeri, tapi dalam perjalanan TKW tersebut malah ditangkap oleh Polisi raja basah Malaysia,” ungkap Wahyudin.

Ikah dilaporkan atas dugaan mengirimkan TKW secara Non Prosedural ke Malaysia,

“Kami menemukan ada kejanggalan dalam proses pemberangkatan. Dia (Ridah.Red) berangkat ke Malaysia menggunakan kapal laut (jalur air),” kata Wahyudin yang mendapat kuasa dari Rudin orang tua korban.

Pasal yang dikenakan adalah Pasal 103 jo Pasal 51 Undang-Undang RI No. 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.

Sebelumnya, pada Selasa lalu, Rudin telah menguasakan penuh atas permasalahan yang dialami anaknya kepada Wahyudin.

Atas kejadian itu, Wahyudin meminta kepada Sponsor Ikah untuk bertanggungjawab dan sesegera mungkin mengurus kepulangan Ridah yang saat ini sedang berada didalam tahanan.

Ikah dinilai sembrono, sehingga secara tidak langsung menyebabkan korban celaka.

“Namun sudah sekitar 2 mingguan belum juga ada kabar pasti kapan korban bisa pulang ke Indonesia. Maka kami melaporkan dugaan Trafiking ini. Saya pun berjanji akan terus mengawal proses laporan tersebut,” terang Wahyudin.

Wahyudin mengaku, dirinya selalu menghubungi Ikah untuk menanyakan perkembangan penanganan Ridah. Saat itu Ikah selalu menjawab pihaknya sedang mengurus kasus tersebut.

“Malah nomor handphone saya diblokir sama Ikah. Kan aneh,” ucap Wahyudin.

(Irwan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini