Polisi Sahabat Anak, Cara Polres Madina Tanamkan Disiplin Berlalu Lintas Sejak Dini

0

Mandailing Natal, Kotanopan – Budaya tertib berlalu lintas harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, terutama mereka yang saat ini mengenyam pendidikan formal di Taman Kanak-kanak (TK). Melalui upaya ini, akan menjadikan anak-anak usia dini memiliki pemahaman akan arti pentingnya budaya tertib dan mereka akan rekam hingga usianya menginjak dewasa.

Atas dasar inilah Polres Mandailing Natal (Madina) melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) yang di Kapalai AKP. Syamsul A. Batubara, SE., M.Si., terus melakukan pendekatan melalui program Polisi Sahabat Anak (Polsanak).

Kepala Satlantas Polres Madina, melalui Kepala Unit Lantas Kotanopan Bripka Muhammad Husnan Rangkuti, SH. pada hari Kamis 24 Nopember 2022, sekira pukul 09.30 Wib melaksanakan kegiatan Polsanak di TK Negeri Darma Wanita Kotanopan.

Kegiatan ini merupakan salah satu program lalu lintas, yakni mengenalkan dan mengajari masyarakat untuk lebih mengetahui tentang peraturan berlalu lintas di jalan.

Muhammad Husnan Rangkuti mengajak anak – anak agar bisa menjadi pelopor keselamatan dan menyampaikan kepada orang tua/saudara dan juga tetangga untuk mematuhi peraturan berlalu lintas, karena kecelakaan terjadi berawal dari pelanggaran lalu lintas.

Dia juga mengajak anak-anak untuk menjadi promotor dalam tertib berlalu lintas sehingga terhindar dari kecelakaan berlalu lintas dijalan dan mengajak anak-anak untuk tidak bermain di jalan raya.

Kanit Lantas Kotanopan ini nampak tampil semangat dan ramah dihadapan anak-anak TK dalam menerangkan rambu rambu lalu lintas dengan alat peraga. Menurutnya, hal ini diharapkan kegiatan ini dapat diminati.

“Dengan melakukan metode belajar sambil bermain, anak TK pun merasa lebih dekat dan lebih semangat serta merasa nyaman dalam mengikuti pembelajaran di dalam ruangan sekolah,” ungkapnya.

“Dengan menanamkan disiplin ilmu berlalu lintas sejak dini kepada mereka, diharapkan bisa mengkampanyekan tentang aturan lalu lintas di jalan,” lanjutnya.

Dia juga mengajak keluarga dirumah dan tetangga untuk senantiasa tidak melanggar aturan lalu lintas dijalan raya sehingga tercipta Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Madina, terutama di wilayah Mandailing Julu khususnya di wilayah hukum Kotanopan dan sekitarnya.

Kegiatan program Polsanak merupakan kegiatan Satuan Lintas Polres Madina dalam mengenalkan peraturan lalu lintas sejak dini kepada anak-anak.

Acara ini berjalan lancar dan sukses, program ini akan terus berkelanjutan untuk menciptakan Kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Madina.